Blog Personal tentang Opini

Dallas Commercial Photography

NUKLIR

Sekarang ini masalah nuklir merupakan salah satu isu yang sedang hangat diperbincangkan dimana-mana, yaitu tentang bahaya dari nuklir, seperti  yang terjadi di Jepang.
Sebenarnya nuklir adalah alternatif sumber energi baru yang sangat bagus, walaupun dampak dan bahayanya sangat besar. Tapi energi yang dihasilkan patut diperhitungkan.
Masalah nuklir yang sedang berkembang sekarang ini yang adalah masalah tentang dampak yang ditimbulkan dari hancurnya reaktor nuklir seperti di Jepang, selain itu karena penggunaan nuklir sebagai bom nuklir. Sehingga membuat buruk dan takut tentang nuklir. Padahal dengan pemanfaatan yang bertanggungjawab, bijak, dan terkendali, maka energi nuklir bisa untuk memberi solusi atas masalah kelangkaan energi. Khususnya energi yang digunakan untuk pembangkit listrik, karena kita sudah tidak bisa lepas dari listrik.
Secara umum, energi nuklir dihasilkan dari 2 mekanisme, yaitu:
  1. Pembelahan inti/reaksi fisi=mekanisme sebuah inti berat yang ditumbuk oleh partikel, sehingga dapat membelah menjadi 2 inti yang lebih ringan dan beberapa partikel lain.
  2. contoh: Uranium yang ditumbuk Reaksi fisi dapat membentuk reaksi berantai tidak terkendali yang punya daya ledak yang dahsyat. Sehingga banyak dipakai sebagai bom. Reaksi fisi ini dapat dimanfaatkan supaya lebih berguna, tapi dengan syarat reaksi fisi harus dibuat terkendali. Usaha ini bisa dilakukan di dalam sebuah reaktor nuklir. 4 komponen dasar yang harus dimiliki sebuah reaktor nuklir : 
      • elemen bahan bakar= menyediakan sumber inti atom yang akan mengalami fisi nuklir
      •  moderator neutron= memperlambat kelajuan neutron
      • batang kendali= menyerap neutron
      • perisai beton= pelindung disekeliling reaktor nuklir agar radiasi zat radioaktif tidak menyebar
  3. Penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi 

Berikut ini kutipan tentang nuklir dari wipedia:
Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat - sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran - semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki. Pada masa itu daya ledak bom nuklir yg dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasakimega(jutaan) ton TNT sebesar 20 kilo(ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70
Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Cina, India, Korea Utara dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. 
Senjata nuklir kini dapat dilancarkan melalui berbagai cara, seperti melalui pesawat pengebom, peluru kendali, peluru kendali balistik, dan Peluru kendali balistik jarak benua.

Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat.
    0 Komentar untuk "NUKLIR"

    Back To Top